Friday, June 10, 2011

Internet : Murah atau Mahal ?

Semakin hari kita semakin menikmati murahnya internet. Coba lihat iklan dari ISP kita. Dulu internet bisa dinikmati dengan tarif per menit, kemudian per volume (per kb atau per mb), kemudian unlimited dengan speed drop setelah quota volume habis. Dulu harga internet tidak bisa dimanfaatkan sepuas2nya, sedangkan sekarang dengan hanya Rp.2500 per hari sudah dapat internet unlimited.

Pertanyaannya sekarang, berapa sih angka yang logis untuk biaya internet kita ? Logikanya kalikan saja 2500 x 30 hari, sekitar Rp.75.000. Murah kah ?

Well, coba lebih teliti yah. Saya adalah pengguna GSM modem (1 bulan harusnya cukup puas dengan Rp.75.000 internet sepuasnya). Tapi saya juga punya BB dengan paket BIS unlimited (Rp.99.000 per bulan) dan broadband di rumah (Rp.220.000 per bulan). Belum lagi jika internet di kantor bisa dihitung perkepala, berapa rupiah yang saha habiskan untuk internet ?

Ternyata pengeluaran saya pribadi saja mencapai Rp.400.000 per bulan. So untuk perenungan kita, internet murah tidak pernah terjadi dan berlaku bagi saya. Malah sekarang saya merasa boros sekali.

No comments: